Cara Memilih Printer Terbaik untuk Bisnis Retail

Penggunaan barcode dalam sistem bisnis sangat diperlukan. Oleh sebab itu pembelian printer barcode juga menjadi kebutuhan. Hanya saja mencari spare part printer barcode seperti TTR Ribbon Barcode tidak semudah printer biasa. Karenanya, diperlukan perawatan yang baik pada setiap komponen dan sebaiknya pilih printer barcode yang memiliki kualitas baik. Selain itu, banyaknya pilihan printer barcode di pasaran, terkadang membuat Anda bingung memilih printer yang sesuai.Berikut beberapa jenis printer dengan keunggulannya yang bisa Anda pertimbangkan untuk bisnis retail Anda.

Printer Dot Matrix 

Jika Anda mencari printer barcode dengan harga terjangkau maka sebaiknya pilih jenis dot matrix. Printer jenis ini sangat mudah ditemukan dan memiliki spare part yang cukup mudah untuk ditemukan. 

Hanya saja printer ini memiliki kelemahan pada bagian pita. Ketika mengoperasikan printer ini sebaiknya perhatikan bagian pitanya. Pita pada dot matrix mudah memudar yang bisa menghasilkan kualitas cetak kurang baik.

Printer Dengan Sticker Jenis Ink-Jet

Printer jenis ink jet ini juga merupakan jenis printer barcode yang murah dan mudah ditemukan. Kelebihan dari printer ini adalah bisa menggunakan kertas sticker sehingga memudahkan pelabelan. Hanya saja printer ini kurang diminati karena memiliki kekurangan.

Kekurangan dari ink jet printer adalah proses pencetakannya lambat dan sangat sensitif terhadap goncangan dan debu. Sehingga banyak orang enggan menggunakan jenis printer ini. Namun untuk segi harga printer yang satu ini cukup unggul. 

Jenis Laser 

Printer jenis laser merupakan yang paling banyak diminati. Cara kerja printer ini mirip seperti mesin fotocopy sehingga bisa menghasilkan cetakan yang bagus dan cepat. Printer ini juga memiliki hasil cetakan sempurna yang biasanya sering digunakan untuk mencetak dokumen yang memerlukan barcode. 

Printer Thermal 

Dari seluruh jenis printer yang ada, printer thermal merupakan yang terbaik. Printer ini meski lebih mahal, namun memiliki banyak keunggulan. Printer ini juga bisa digunakan untuk mencetak barcode satuan. Printer thermal juga merupakan jenis printer yang tahan banting sehingga bisa menghemat biaya perawatan. 

Printer thermal menjadi pilihan banyak orang karena lebih efisien dan canggih. Printer ini juga tidak menggunakan tinta, toner dan lain sebagainya karena bekerja dengan cara mengubah gulungan kertas atau ribbon menjadi hasil cetakan dengan bantuan pemanas elektronik canggih.

Karenanya printer thermal disebut sebagai printer yang paling hemat dan efisien. Printer ini juga mampu mencetak grafik hingga teks. Penggunaan printer thermal biasanya bisa ditemui pada kasir atau juga mesin fax. 

Itulah tadi beberapa jenis printer barcode yang bisa jadi pilihan Anda. Masing – masing memiliki Keunggulannya tersendiri. Anda bisa menyesuaikan dengan kegunaan serta budget yang tersedia. Namun dari semua printer yang ada, printer thermal merupakan yang paling canggih dan hemat biaya baik perawatan maupun operasional. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *