Sering Salah, Begini Cara Menggunakan Toner yang Benar

Salah satu perawatan kulit yang tak boleh lupa untuk digunakan adalah toner. Skincare bertekstur cair ini berguna untuk mengangkat sisa minyak, make up, serta kotoran yang menempel pada wajah.

Tak hanya itu, produk untuk wajah satu ini juga dapat membantu melembapkan, menyegarkan, serta menghaluskan kulit. Namun agar mendapatkan manfaat maksimal dari pengaplikasian skincare ini, simak cara menggunakan toner yang benar di bawah ini.

 

  1. Bersihkan Wajah

Langkah pertama adalah membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka. Gunakan sabun muka sesuai dengan jenis kulit Anda. Apabila menggunakan make up bersihkan terlebih dahulu menggunakan make up remover, setelah itu barulah mencuci muka dengan sabun pembersih wajah. Jika sudah keringkan menggunakan handuk bersih lalu tepuk-tepuk perlahan.

  1. Bersihkan Tangan

Tak hanya wajah, pastikan tangan juga dalam kondisi bersih. Cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, sehingga kotoran akan hilang dan tidak menempel pada wajah.

  1. Gunakan Kapas

Penggunaan kapas memang tak dapat dilepaskan dari dunia fashion & beauty, karena benda ini berguna untuk mengaplikasikan skincare cair ke muka.

Tuangkan toner secukupnya pada kapas, lalu usapkan dari bagian tengah hingga seluruh wajah. Namun ingat jangan usapkan pada area mata dan bibir. Setelah itu usapkan pada leher untuk mengangkat kotoran dan minyak di area tersebut.

  1. Tepuk-tepuk ke Wajah

Apabila tidak memiliki kapas, Anda juga dapat langsung menepuk-nepuk skincare ini secara perlahan ke area wajah menggunakan telapak tangan. Beberapa produk pun didesain dalam bentuk spray atau semprot, sehingga dapat langsung disemprotkan secara merata ke area muka.

Namun dibandingkan dengan menggunakan kapas, pengaplikasian tanpa kapas dinilai kurang efektif dalam mengangkat sisa minyak, kotoran, maupun make up pada wajah.

  1. Gunakan Serum

Setelah selesai memakai toner, lanjutkan penggunaan serum segera meskipun kulit masih terasa basah. Pasalnya serum mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi, sehingga akan lebih efektif meresap pada kulit. Tuangkan serum ke telapak tangan, lalu oleskan ke area muka dan leher hingga merata.

  1. Gunakan Pelembap

Selain serum, Anda juga dapat langsung mengoleskan pelembap segera setelah menggunakan toner. Pertama-tama oleskan pelembap pada area pipi, lalu beralih ke bagian dahi dengan gerakan memijat. Namun jika toner dan serum saja sudah cukup melembapkan kulit, maka Anda dapat melewati penggunaan moisturizer ini.

  1. Jangan Gunakan Produk Lainnya

Ada baiknya jangan langsung memakai produk lain contohnya tabir surya hingga obat jerawat. Tunggu beberapa saat hingga kulit benar-benar kering sempurna, pasalnya penggunaan produk lain selain serum atau pelembap ketika kulit masih dalam kondisi basah dapat membuatnya terasa perih, panas, hingga iritasi.

 

Kapan Waktu Tepat Menggunakan Toner?

Anda dapat memakai produk ini pada pagi dan malam hari setelah membersihkan muka. Di pagi hari berfungsi untuk mengangkat minyak yang menumpuk semalaman, sementara di malam hari dapat membantu mengangkat minyak, kotoran, dan make up setelah beraktivitas.

 

Itulah cara menggunakan toner yang tepat dan jarang diketahui. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.