Siapkan Masa Depan Keluarga dengan Berbagai Jenis Asuransi Jiwa Ini

Merencanakan masa depan dengan memakai asuransi merupakan hal yang sebaiknya Anda lakukan. Terutama untuk Anda yang bertindak sebagai tulang punggung keluarga, melindungi pasangan dan anak dengan asuransi jiwa untuk keluarga sangat penting untuk menjamin finansial mereka saat Anda sudah tidak lagi mampu mencari nafkah. Namun, agar perlindungan yang Anda berikan dapat maksimal serta sesuai dengan kondisi keluarga Anda, pastikan Anda memilih jenis asuransi jiwa yang tepat.

Jenis Jenis Asuransi Jiwa

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa ada beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa Anda pakai untuk diri sendiri dan keluarga. Berikut ini adalah daftarnya yang pastinya bermanfaat untuk Anda berdasarkan artikel dari situs Sikapiuangmu yang merupakan miliki OJK:

1. Asuransi Jiwa yang Berjangka

Asuransi jiwa berjangka adalah sebuah produk berjangka yang bisa memberikan pertanggungan dalam satu jangka tertentu sesuai dengan polis atau kesepakatan di awal.

Pengajuan klaim hanya dapat diberikan pada ahli waris jika tertanggung atau pemilik polis meninggal saat polis masih berlaku dan dalam kondisi aktif. Jangka waktu aktifnya polis beragam sesuai keinginan Anda, tetapi biasanya antara 5, 10, 15, 20 tahun dan memungkinkan untuk diperpanjang sesuai kesepakatan saat masa berlakunya habis. Biaya  premi yang dibebankan cukup terjangkau namun akan hangus jika tidak terjadi klaim hingga masa berlaku polis habis.

2. Whole Life Insurance atau Asuransi Seumur Hidup

Aturan utama dari asuransi seumur hidup adalah perusahaan akan memberikan pertanggungjawaban seumur hidup untuk pemilik polis, sejauh polis masih berlaku atau in force. Meskipun dikatakan seumur hidup, tetapi perusahaan asuransi biasanya membatasi hanya sampai usia 100 tahun.

Selain itu, produk ini bisa dikatakan memiliki unsur tabungan di dalamnya. Sebab nilai premi akan dikembalikan pada pemilik polis jika sampai masa berlakunya habis tidak ada pengajuan klaim.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi ini memberikan dua manfaat yaitu asuransi jiwa berjangka dan juga manfaat tabungan. Manfaat asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan pada ahli waris saat pemilik polis meninggal dunia. Sementara pada manfaat tabungan, adalah Anda diizinkan untuk menarik dana premi yang telah dibayarkan sebelum masa berlaku polis habis. Tentunya, ketentuan penarikan dana premi ini akan tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi tepat Anda membeli polis.

4. Jenis Asuransi Unit Link

Terakhir adalah jenis asuransi unit link yang merupakan gabungan dari asuransi dan investasi. Nantinya setiap premi yang Anda bayarkan per bulannya akan perusahan alokasikan pada dua pengelolaan terpisah. Ada yang akan digunakan sebagai premi perlindungan atas risiko sementara ada juga yang akan dimasukkan ke dalam media investasi yang telah dipilih.

Jenis Asuransi Jiwa Manakah yang Anda Pilih?

Itulah jenis jenis asuransi jiwa yang penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui berbagai jenisnya tersebut, Anda bisa menentukan manakah asuransi yang paling sesuai dengan kondisi Anda.

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.